Rabu, 29 Desember 2010

4 Cara minta maaf

D
i dalam kehidupan sehari-hari ada kalanya kita membuat kekilafan,kesalahan, atau kekeliruan terhadap orang lain, baik di rumah, di kantor atau di lingkukan kita berada. Namun semuanya harus kita sadari dan kita renungkan bahwa kita memang telah berbuat kekilafan,kesalahan, atau kekeliruan tersebut.

Ada 4 cara untuk minta maaf:

1.SADARI KESALAHAN
Rela menggakui kesalahan dan mau bertanggung jawab. Mulailah dengan ucapan tulus dan langsung pada permasalahanya. Ini membuat orang yang terluka mau menerima dan memaafkan Anda.

2.BERI PENJELASAN
Setelah mengaku, beri penjelasan pada orang tersebut dan yakinkan anda tidak bermaksud buruk. Langsung minta maaf dengan menunjukan keseriusan.

3.TAWARKAN PERBAIKAN
Agar lebih sempurna, tawarkan penganti kerugian yang terjadi walau hanya sebagai simbol. Bisa juga dengan mengirim pesan atau hadiah kecil.

4.WAKTU YANG TEPAT
Untuk masal;ah besar, hadapi orangnya, tatap matanya dan beri penjelasan yang di perlukan. Di kantor, segera minta maaf sebelum bos atau klien menyadari kesalahan Anda. Hal ini membuat Anda tampak lebih teliti. Hindari minta maaf saat seseorang sedang marah. Karena permintaan maaf Anda bisa tidak di terima. Jangan ikut marah. Temui dan jelaskan duduk permasalahannya beberapa hari kemudian. Saat itu kemarahanya sudah mereda.

0 komentar:

Kontes SEO